oleh

Klaim Patuhi Aturan Serta Bayar Rp50 Juta, Bahar Smith Minta Dibebaskan

-Viral-2 views

Indosatu.Net – Pengacara Habib Bahar bin Smith, Ichwan Tuankotta berharap kliennya dapat dipindahkan dari Lapas Klas I Batu Nusakambangan ke Lapas Pondok Rajeg, Cibinong, Bogor.

Dia juga meminta Bahar Smith nantinya bisa segera dibebaskan kembali.

Ichwan menilai maka Bahar Smith memiliki hak untuk dibebaskan lantaran telah memenuhi aturan.

Di sisi lain, Ichwan juga mengklaim maka kliennya itu sudah membayar denda subsider Rp 50 juta kepada Kejaksaan Negeri Cibinong, sebelum bebas lewat program asimilasi Kementerian Hukum & HAM pekan lalu.

“Target kami, Habib Bahar bisa dikembalikan lagi ke Lapas Pondok Rajeg & diberikan hak-hak pembebasan bersyaratnya. sebab kita sudah taat aturan dengan membayar uang denda juga Rp 50 juta,” kata Ichwan saat dihubungi suara.com, Kamis (21/5/2020).

Menurut Ichwan kekinian pihaknya juga berencana bakal mengirimkan surat laporan kepada Komisi III DPR RI atas dugaan perlakuan diskriminatif yang diterima Bahar Smith. Rencananya, surat tersebut bakal disampaikan hari ini.

“Hari ini kami bakal melayangkan surat pelaporan diskriminasi terhadap Habib Bahar yang di tujukan kepada DPR RI Komisi III,” ujar Ichwan.

Selain menyurati DPR RI, Ichwan menyebut pihaknya juga bakal mengirimkan surat laporan serupa kepada Komnas HAM & Ombudsman RI. cuma saja, Ichwan tam merincikan detil isi surat laporan yang bakal diserahkan kepada Komisi III DPR RI, Komnas HAM & Ombudsman RI tersebut.

“Nanti suratnya saya kirim ke antum kalau sudah ditandatangani,” kata dia.

Untuk diketahui, Bahar Smith sendiri sedianya dijemput oleh tim dari Direktorat Kamtib Ditjen PAS dibantu Brimob Polda Jawa Barat pada Selasa (19/5/2020) sekira pukul 02.00 WIB dari kediamannya. Dia dijemput untuk dijebloskan kembali ke tahanan di Lapas Khusus Gunung Sindur lantaran dinilai tidak mematuhi program asimilasi Kementerian Hukum & HAM yang dijalaninya usai bebas dari Lapas Pondok Rajeg.

Bahar Smith pun telah dipindahkan ke Lapas Klas I Batu Nusakambangan pada Selasa (19/5) lalu. Pemindahan itu dilakukan atas pertimbangan keamanan, lantaran rombongan jamaah & simpatisan Bahar Smith sempat meringsek masuk Lapas Gunung Sindur.(suaracom/artikelasli)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed