oleh

Penampakan Busa Tebal Berbintik yang Muncul di Kali Item, Ternyata Ini Penyebabnya……..

-Viral-215 views

Indosatu.Net – Buih busa berwarna putih sempat muncul di kali item didekat wisma atlet Kemayoran, Selasa (1/1/2019). Busa tersebut berasal dari akibat penyedotan danau sunter yang di alirkan ke kali item sebab debit air tinggi.

Pantauan Warta Kota pukul 15.00 tidak ada lagi terlihat adanya busa yang berada di danau, busa-busa tersebut telah hilang seiringnya waktu. Bahkan menurut penuturan warga sekitar busa-busa tersebut sempat berterbangan ke jalanan.

Salah seorang warga dilokasi menuturkan maka buih busa tersebut muncul tadi pagi, setelah air danau di sedot & di alirkan ke Kali Item.

“Iya tadi pagi berbusa. Banyak sampai berterbangan ke jalan, tapi ngak lama langsung ilang,” kata Yuda, salah seorang pedagang di Lokasi, Selasa (1/1/2019).

Sementara itu, salah seorang anggota PPSU, Mahmud, mengatakan maka buih busa yang sempat menutupi aliran Kali Item berada saat penyedotan danau sunter ke Kali item. sebab pagi tadi, debit air Danau Kali Sunter tinggi.

“Sebenernya itu udah biasa, jadi sebab tadi pagi kan debit danau sunter tinggi, nah akhirnya di sedot ke Kali, dari semburan itu, terhantam dinding kali, hingga muncul buih busa, tapi tidak berlangsung lama sebab terkena matahari,” ujar Mahmud.

Dikatakan Mahmud, kondisi buih busa tersebut pasti terjadi kala, penyedotan danau sunter ke Kali Item, ia menilai hal tersebut sudah wajar, kendati begitu busa-busa tersebut tidak menganggu warga sekitar sebab bakal hilang seiringnya waktu.

“Kalo disedot lagi pasti begitu, sebab itu kan kena tembok, jadi pasti berbusa,” ucapnya.

Terpisah,Ketua Satuan Pelaksana Unit Pelaksana Kerja Badan Air Jakarta Utara Lambas Sigalingging mengatakan busa busa tersebut berada penyedotan yang dibuang ke Kali Item.

“Jadi di situ kan ada pompa yang memompa air dari Waduk Sunter Selatan 1 dibuang ke Kali Item maupun Kali Sentiong, kalau pompanya jalan, jadi kaya gerobokan & itu yang bikin berbusa,” ujar Lambas.

Dikatakan Lambas, hal tersebut sudah sering terjadi andaikan debit air Waduk Sunter Selatan 1, yang menjadi penampung air, sudah melebihi kapasitas penampungannya, sehingga harus disedot & dialirkan ke Kali Sentiong.

Akibat dari penyedotan air tersebut adalah terbentuknya busa-busa yang dihasilkan semasa proses operasionalisasi pompa air. Busa tersebut menurutnya dalam kondisi tidak dapat terpecah oleh angin.

“Itu sama seperti yang terjadi di Kali BKT. Kalaupun ada angin dia tidak pecah. Kalau gerojokannya itu sudah kecil artinya limpahan air dari atas sudah berkurang, ya udah kembali normal,” ucapnya. (JOS).

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Penyedotan Danau Sunter Bikin Kali Item Berbusa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed