oleh

Resmi Sebagai Warga Portugal, Coutinho Sebagai Tandem Ronaldo?

-Sepakbola-111 views

BARCELONA – Philippe Coutinho resmi menjadi warga negara Portugal. Hal ini memunculkan spekulasi mantan bintang Liverpool itu akan membela timnas Selecao das Quinas untuk menemani Cristiano Ronlado. Namun, yang pasti ini mengurangi kehawatiran Barcelona atas jumlah pemain asing dalam skuat.

Dikutip dari ESPN, menurut Undang-undang kependudukan Portugal, setiap orang yang ingin menjadi warganegara Portugal harus memiliki istri atau suami yang sudah menjalani rumah tangga selama dua tahun atau lebih.

Coutinho yang merupakan pria Brasil telah memenuhi kriteria untuk menjadi seorang warga Portugal setelah berhasil membina rumah tangga selama dua tahun bersama sang istri, Aine yang merupakan warga negara asli Portugal.

Sebuah sumber terpecaya melaporkan bahwa Countiho telah diberikan kewarganegaraan Portugal pada Jumat (10/8/2018).

Dengan demikian, Coutinho yang saat ini merupakan punggawa Barcelona bisa bermain di Liga Spanyol sebagai warga negara Portugal, bukan Brasil. Hal ini tentu saja menghilangkan rasa khawatir Barcelona. Sebab, menurut  peraturan resmi UEFA, klub-klub top Eropa hanya boleh menurunkan maksimal tiga pemain yang bukan dari Uni Eropa di setiap pertandingan.

Itu artinya, Pelatih Barcelona Ernesto Valverde tidak akan dipaksa meninggalkan salah satu pemain  Coutinho, Arthur, Malcom, atau Arturo Vidal dari pertandingan Piala Super melawan Sevilla di Maroko, Senin (13/8/2018) dini hari.

Ketiga pemain baru mereka -Arthur Melo, Malcom dan Arturo Vidal – dihitung sebagai pemain non-UE dan disinyalir akan turun sebagai pemain inti di skuat Barcelona di musim 2018/2019.

Barca sebelumnya telah mengambil rute yang sama dengan Luis Suarez untuk membantu pemain asal Uruguay itu mengajukan permohonan kewarganegaraan Italia melalui rekannya, Sofia Balbi. Tetapi dilaporkan bahwa proses tersebut belum selesai hingga saat ini.

Sementara itu Coutinho  telah kembali ke latihan Barca awal pekan ini setelah menimati cuit liburan usai tampil bersama Brasil di Piala Dunia 2018.  Setelah bergabung dengan klub dari Liverpool untuk 160 juta euro pada Januari 2018, musim 2018/2019ini akan menjadi musim penuh pertamanya di Camp Nou.

Namun, belum dilaporkan apakah Coutinho akan meninggalkan timnas Brasil dan bergabung brsama Cristiano Ronaldo di timnas Protugal.

(sha)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed