oleh

Uskup Honduras Mundur Terkait Skandal Keuangan dan Seks

TEGUCIGALPA – Pemimpin Vatikan Paus Fransiskus menerima pengunduran diri seorang uskup Katolik Roma di Honduras pada hari Jumat. Uskup tersebut mundur menyusul dugaan penyalahgunaan dana universitas Katolik dan tuduhan pelecehan seksual.

Uskup Juan Jose Pineda Fasquelle mengumumkan bahwa Paus Fransiskus telah menerima pengunduran dirinya dalam sebuah surat terbuka. Setelah mengundurkan diri, dia merasa akan memiliki lebih banyak waktu untuk berdoa dan mengembangkan pribadinya.

“Jika saya gagal, saya meminta maaf,” kata Pineda dalam surat terbukanya, yang dikirim ke wartawan di Honduras, seperti dikutip Reuters, Sabtu (21/7/2018).

Majalah Italia, L’Espresso, pertama kali melaporkan pada bulan Desember lalu bahwa Pineda dituduh telah menyalahgunakan dana puluhan ribu dolar dari sebuah universitas Katolik. Dia juga dituduh para seminaris terlibat pelecehan seksual.

Pineda, yang tidak secara langsung menjawab tuduhan-tuduhan terhadapnya dalam surat itu, mengatakan bahwa dia mempertahankan hak untuk melanjutkan pelayanan publik kendati pengunduran dirinya sebagai Uskup Auksilier Keuskupan Agung Tegucigalpa sudah diterima Paus Fransiskus.

Pineda yang berusia 57 tahun dikenal sebagai anak didik Kardinal Honduras Oscar Andres Rodriguez Maradiaga, yang melayani sebagai penasihat utama Paus Fransiskus dalam reformasi gereja.

(mas)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed