oleh

Manfaat Vaksinasi Influenza untuk Para Atlet

-LifeStyle-204 views

JAKARTA – Atlet membutuhkan vaksinasi. Tujuannya agar tetap sehat dan dapat menjalankan tugasnya dengan baik, khususnya saat menjalani pertandingan Asian Games 2018.

“Atlet merupakan golongan yang memiliki resiko infeksi yang besar. Atlet akan berpergian diberbagai daerah, saat musim panas atau dingin, kontak dengan orang lain yang tidak diketahui penyakitnya. Untuk itu, selain menyiapkan latihan yang baik dan berkesinambungan, diperlukan juga vaksinasi sehingga tercipta sang juara,” kata Staf Ahli PPITKON dr Hariyono, SpPD saat acara Vaksinasi Influenza Bagi Atlet di Kemenpora, Jakarta, Senin (16/7/2018).

Vaksinasi yang diberikan para atlet mampu bertahan selama satu tahun dan nantinya para atlet akan kembali diberikan vaksinasi secara berulang setiap tahun. Efektivitas vaksin ini pun mampu melindungi para atlet hingga 90% dari penyakit influenza.

“Manfaat vaksinasi influenza bagi atlet dapat mengikuti pelatihan yang diberikan dengan optimal, menjaga performa, tidak tertular maupun menjadi sumber penularan virus influenza serta jika ada seorang anggota tim menderita influenza, prestasi tim dapat terganggu,” tandasnya.

Sementra, influenza merupakan penyakit saluran pernapasan akut yang mudah menular yang disebabkan oleh virus influenza. Penularan virus sangat mudah terjadi melalui udara dan percikan ludah atau kontak langsung dari seseorang yang infeksius. Meski dapat pulih dengan sendirinya, namun bagi atlet, influenza sangat merugikan.

Menurut Wordl Health Organization (WHO), diperkirakan 500 ribu kematian akibat influenza dan komplikasi dapat terjadi terutama pada kelompok berisiko tinggi seperti anak-anak, usia lanjut lebih dari 65 tahun, individu dengan penyakit kronik dan ibu hamil.

(tdy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed