oleh

Israel Serta Kelompok Militan Gaza Setuju untuk Gencatan Senjata

GAZA – Kelompok-kelompok bersenjata Gaza dilaporkan telah menyetujui gencatan senjata dengan Israel menyusul gelombang kekerasan lintas perbatasan. Seorang juru bicara militer Israel mengatakan tindakannya akan ditentukan oleh apa yang terjadi di lapangan.

Jihad Islam dan Hamas mengatakan bahwa gencatan senjata pada Sabtu malam, yang ditengahi oleh Mesir dan PBB, telah dicapai dengan Israel menyusul gelombang kekerasan di kedua sisi perbatasan Israel-Gaza seperti dikutip dari Deutsche Welle, Minggu (15/7/2018).

Seorang pejabat pertahanan Israel menolak berkomentar mengenai gencatan senjata yang dilaporkan. Namun ia mengindikasikan bahwa tindakan Israel akan bergantung pada apa yang terjadi di lapangan.

Hanya beberapa jam setelah gencatan senjata diberlakukan, dua peluru mortir ditembakkan dari Gaza dan mendarat di sebuah ladang di Israel, mendorong Israel untuk menyerang posisi dari mana mortir itu diluncurkan.

Pengumuman gencatan senjata mengikuti apa yang digambarkan Israel sebagai serangan ofensif terbesarnya di daerah kantong Palestina sejak Protective Edge – referensi untuk nama Israel untuk operasi Gaza tahun 2014.

Serangan udara Israel menggempur target militer Hamas di Gaza pada Sabtu, sementara militan Palestina menembakkan lebih dari 170 roket dan mortir ke Israel, memaksa warga Israel mencari perlindungan.

(ian)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed